Advertisement

Apakah Benar, Pangkalan Militer Amerika Serikat Yang Tersebar di dunia untuk misi perdamaian????*



Militer Amerika Serikat ditempatkan di lebih dari 150 negara di dunia. 172.966 personel dari total 1.372.522 menjadi personel aktif yang bekerja di luar Amerika Serikat dan teritori-teritorinya.

*AS Bangun Pangkalan Militer Asing di ASEAN dengan Dalih Kerjasama Militer?????*

Negara Asia terletak di ujung selatan Selat Malaka yang menghubungkan Samudra Hindia dengan Laut Cina Selatan dan di mana minyak mengalir dari Teluk Persia ke perekonomian Asia Timur yang haus minyak seperti Cina, Korea Selatan dan Jepang.

Dengan membentuk kemitraan militer dengan sepuluh anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, AS membangun pondasi untuk analog Asia dari Organisasi Perjanjian Atlantik Utara (NATO). Sebagaimana yang sudah diulas juga termasuk untuk menghadapi Rusia, sehingga aliansi baru ini dimaksudkan untuk mencapai tujuan yang sama terkait Cina.

Dalam tataran tren global, pidato yang disampaikan oleh pendiri bangsa Presiden Soekarno pada 18 Oktober 1965 masih sangat inspiratif untuk menghadapi Skema AS terhadap upaya militerisasi di wilayah Asia Tenggara, ketika Soekarno mendesak peserta konferensi bekerjasama untuk penghapusan pangkalan militer asing di negara masing-masing, termasuk Indonesia dan negara-negara di kawasan Asia Tenggara, dan ASEAN pada khususnya.

Kebanyakan personel luar negeri ini diterjunkan ke zona konflik di Timur Tengah sebagai bagian Perang Melawan Teror. Sebagian sisanya ditempatkan di instalasi-instalasi yang diaktifkan semasa Perang Dingin. Saat itu pemerintah A.S. berusaha melawan Uni Soviet pasca-Perang Dunia II.[2]

Personel A.S. menjalani pertempuran aktif di Afghanistan. Sebagian lainnya menjalani misi penjaga perdamaian, atase militer, atau bagian dari kedutaan besar dan keamanan konsulat.

0 komentar:

Post a Comment